Warga Cendoro Mojokerto Tolak Pembangunan Pengelolan Limbah Berbahaya dan Beracun

Warga Cendoro Mojokerto Tolak Pembangunan Pengelolan Limbah Berbahaya dan Beracun Warga Cendoro Mojokerto Tolak Pembangunan Pengelolan Limba...

Warga Cendoro Mojokerto Tolak Pembangunan Pengelolan Limbah Berbahaya dan Beracun

Warga Cendoro Mojokerto Tolak Pembangunan Pengelolan Limbah Berbahaya dan Beracun

"Sebulan yang lalu tepatnya 10 September, warga dikumpulkan. Pejabat dari Pemprov kasih edaran bahwa akan ada pembangunan

Warga Cendoro Mojokerto Tolak Pembangunan Pengelolan Limbah Berbahaya dan BeracunSurya/Rorry NurmawatiRatusan warga Desa Cendoro Kabupaten Mojokerto bubuhkan tanda tangan sebagai bentuk penolakan adanya pembangunan tempat pengelolaan Limbah B3, Rabu (11/10).

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Warga Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, tolak pembangunan tempat pengelola limbah bahan berbahaya da n beracun (B3) yang diwacanakan oleh Pemerintah Provinsi Jatim. Penolakan ini, dibubuhi dengan aksi 1000 tanda tangan di tempat lahan pembangunan.

Di atas lahan seluas 57 hektar milik Perhutani ini, ratusan warga menolak adanya pembangunan tempat pengelolaan limbah. Dimana, warga tak ingin dampak dari pengelolaan limbah dapat mematikan mata pencaharian warga yang tidak lain dengan bercocok tanam.

Pasalnya, lahan yang mayoritas ditanami dengan pohon jati dan kayu putih ini, bersebelahan langsung dengan pemukiman warga di Dusun Bakung, Desa Cendoro. Kekhawatiran warga semakin memuncak, jika nantinya ladang mereka mati karena dampak dari tempat pengelolaan limbah B3 terbesar di Jatim.

"Sebulan yang lalu tepatnya 10 September, warga dikumpulkan. Pejabat dari Pemprov kasih edaran bahwa akan ada pembangunan tempat pengelola limbah B3 di sini. Hanya sosialisasi, tidak ada rundingan apapun dengan warga," tegas Kepala Dusun Cendoro Sumardi kepada Surya, Rabu (1 1/10/2017).

Ya, tidak adanya musyawarah dengan penduduk setempat membuat warga menolak keras pembangunan. Penolakan ini, tidak hanya isapan jempol semata. Sumardi mengatakan telah melayangkan surat penolakan kepada DPRD Kabupaten Mojokerto dan Pemprov Jatim.

"Suratnya masih belum mendapatkan tanggapan dari mereka," imbuhnya.

Jika nantinya masih tidak ada tanggapan dari Pemerintah setempat, 3.250 warga di Desa Cendoro akan menggelar aksi lebih besar.

Bahkan, warga tak tanggung-tanggung akan memblokade jalan untuk menghalau pembangunan.

"Kami tidak main-main, warga menolak keras pembangunan yang bisa berdampak pada pencemaran lingkungan dan perusakan hutan," kecam Koordinator Forum Masyarakat Cendoro Siswanto.

Pembangunana yang telah dianggarakan senilai Rp 350 miliar itu kata Siswanto, direncanakan dibangun pada tahun ini. Meskipun pembangunan berada di lahan milik Perhutani, warga menginginkan adanya musyawarah persetuju an. Mengingat lahan tersebut berdekatan langsung dengan pemukiman warga.

"Kami hanya dikasih pemberitahuan bahwa akan ada pembangunan tempat pengelola limbah, kami tidak dikasih pilihan setuju atau tidak. Tapi mereka sudah putuskan sendiri, padahal lahan itu berdempetan langsung. Di sini, mata pencaharian warga bergantung dengan bertani. Apakah mereka sudah memikirkan nanti dampak kedepannya seperti apa," tegasnya. (Surya/Rorry Nurmawati)

Penulis: Rorry Nurmawati Editor: YONY iSKANDAR Ikuti kami di Heboh Video Penampakan Makhluk Misterius Mirip Putri Duyung, Saksi Mata sampai Gemetar saat Merekam Sumber: Tribun Jatim

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,1,Lokal,2,
ltr
item
Berita 24 Jawa Timur: Warga Cendoro Mojokerto Tolak Pembangunan Pengelolan Limbah Berbahaya dan Beracun
Warga Cendoro Mojokerto Tolak Pembangunan Pengelolan Limbah Berbahaya dan Beracun
http://cdn2.tstatic.net/jatim/foto/bank/images/berita-mojokerto-tolak-pengelolan-limbah-beracun-mojokerto_20171011_130150.jpg
Berita 24 Jawa Timur
http://www.jatim.berita24.com/2017/10/warga-cendoro-mojokerto-tolak.html
http://www.jatim.berita24.com/
http://www.jatim.berita24.com/
http://www.jatim.berita24.com/2017/10/warga-cendoro-mojokerto-tolak.html
true
7640191937631208143
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy