GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Jangan Larang Vaping! Perlawanan Puluhan Ribu Penghisap Uap pada Menteri Perdagangan

Jangan Larang Vaping! Perlawanan Puluhan Ribu Penghisap Uap pada Menteri Perdagangan

Jangan Larang Vaping! Perlawanan Puluhan Ribu Penghisap Uap pada Menteri Perdagangan Mengapa rokok elektrik akan dilarang? Apakah karena mengan…

Jangan Larang Vaping! Perlawanan Puluhan Ribu Penghisap Uap pada Menteri Perdagangan

Jangan Larang Vaping! Perlawanan Puluhan Ribu Penghisap Uap pada Menteri Perdagangan

Mengapa rokok elektrik akan dilarang? Apakah karena mengancam kemakmuran juragan pabrik rokok dan banyak pihak lainnya? #vape #vaping #vapor

Jangan Larang Vaping! Perlawanan Puluhan Ribu Penghisap Uap pada Menteri PerdaganganPIXABAY/SURYAMALANG.COMBERKAT VAPE- Banyak orang berhenti merokok tembakau yang nyata-nyata berbahaya dan tidak ada satu pun dokter di seluruh dunia yang berani menyatakan sebaliknya.

SURYAMALANG.COM - Berkat vape atau rokok elektronik, banyak orang berhenti merokok tembakau yang nyata-nyata berbahaya.

Lazim dike tahui, hingga kini tidak ada satu pun dokter di seluruh dunia yang membantah perihal dampak buruk rokok bagi perokok aktif maupun pasif.

Namun, awal pekan ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berniat melarang vape, sebagaimana mula-mula dikabarkan laman Metro TV, 2 November 2017.

Politisi Partai Nasdem yang semula penyokong Golkar sejak Orde Baru masih kokoh itu menyatakan, vape yang beredar harus mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selain itu, katanya, juga izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Saat ini, kedua izin tersebut belum dimiliki oleh para pengedar atau importir rokok vape.

Pernyataan itu terkait dengan beberapa fakta menonjol belakangan ini:

1. Pada 24 Oktober 2017, Ketua Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI) Ismanu Soemiran meminta pemerintah menarik cukai pada rokok elektrik.

2. Akhir Oktober 2017, beredar luas video anak-anak SD di Trenggalek sedang menghisap vape.

3. Pada 1 November 2017, Polda Metro Jaya memamerkan penangkapan jaringan pengimpor liquid atau cairan vape mengandung narkoba dari Belanda.

4. Pada 2 November 2017, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi, mengumumkan rencana penarikan pajak 57 persen untuk impor liquid vape. Produsen lokal juga akan ditarik pajak yang sama besarnya. Katanya, aturan itu termaktub dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor PMK-146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. Heru juga menyinggung video anak-anak SD di Trenggalek.

Menyikapi rencana para pejabat itu, seorang pengguna vape, Jeremies August, membuat petisi berjudul: jangan larang kami untuk vaping, kami butuh regulasi.

Hingga kini, petisi itu mendapat 21.211 dukungan.

PETISI - Jangan larang kami untuk vaping, kami butuh regulasi    oleh Jeremies August.
PETISI - Jangan larang kami untuk vaping, kami butuh regulasi oleh Jeremies August. (change.org)

Petisi serupa juga muncul ketika pada Mei 2015, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menyatakan berniat melarang peredaran vape.

Saat itu, petisi oleh Sergio Soerjanto hanya mendapat 7.074 pendukung.

PETISI - Menghapus atau Membatalkan Larangan Rokok Elektrik / Vaporizer oleh Sergio Soerjanto, 2015.
PETISI - Menghapus atau Membatalkan Larangan Rokok Elektrik / Vaporizer oleh Sergio Soerjanto, 2015. (change.org)
Editor: yuli Ikuti kami di Ular Piton Raksasa Kesulitan Bergerak di Dekat Kandang Sapi, saat Didekati Ternyata ... Sumber: Surya Malang

Tidak ada komentar