www.AlvinAdam.com


Berita 24 Jawa Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kapolres Jombang Sebut Penambangan di Wilayahnya Berpotensi Konflik, Ini Penjelasannya

Posted by On 15.47

Kapolres Jombang Sebut Penambangan di Wilayahnya Berpotensi Konflik, Ini Penjelasannya

Kapolres Jombang Sebut Penambangan di Wilayahnya Berpotensi Konflik, Ini Penjelasannya

Permasalahan sosial di wilayah Jombang disebutkan Kapolres Jombang masih mengenai pertambangan ilegal.

Kapolres Jombang Sebut Penambangan di Wilayahnya Berpotensi Konflik, Ini PenjelasannyaTRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISAKapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto saat diwawancara di Mapolda Jatim pada Rabu (8/11/2017)

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Permasalahan sosial di wilayah Jombang disebutkan Kapolres Jombang masih mengenai pertambangan ilegal.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Ma rlianto menjelaskan dalam rapat koordinasi yang digelar Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur bersama Deputi V Bidang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Polhukkam) Irjen Pol. Carlo B. Tewu, Rabu (08/11/2017).

"Dari jombang salah satunya penambangan tanpa ijin yang memang marak. Di satu sisi, Jombang kaya akan galian C karena letusan Gunung Kelud membawa faedah yang bagus, tapi di sisi lain menyisakan masalah karna mekanisme perizinan tergaris di provinsi," ujar Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto saat ditemui di Polda Jatim, Rabu (8/11/2017).

Masih dikatakan Agung, hal yang memprihatinkan pertambangan ilegal tersebut masih berjalan lantaran ada oknum-oknum tertentu.

"Tanpa terkecuali oknum kepolisian, TNI, oknum pemerintah tingkat pusat, daerah dan nasional. Ini permasalahan berpotensi konflik," ujarnya.

Pasalnya modus yang kerap dipakai oleh oknum tersebut menjual ijin kepada pihak lain.

"dia punya ijin tapi tidak punya kemampuan mengelola. Mereka ini memanfaatkan ijin yang ada. Dibeli ijinnya untuk pengelolaan. Padahal ini kan tidak boleh, nah mereka ini memanfaatkan ijin-ijin (tersebut). Ijin dibeli, inilah yang akan kita tertibkan. Namun itu tadi terbentur dengan oknum," papar Agung.

Hal tersebut menjadi kesulitan untuk penegak hukum, ia juga meminta kepada setiap setiap pihak berwenang untuk mengatasi masalah tersebut.

"Saya tidak meneguhkan kapasitas kewenangan. Teguhkan komitmen bahwa ini adalah permasalahan bangsa, ini masalah mencegah konflik sosial. Jangan sekali-kali bermain disitu, bukankah kita ini penyembuh masalah? problem solver, bukan penyebab masalah," jelasnya

Penulis: Nur Ika Anisa Editor: E dwin Fajerial Sumber: Tribun Jatim Ikuti kami di Pensiunan PNS Perkosa Gadis 21 Tahun di Warung Kopi, Video Durasi 3 Menitnya Beredar Sumber: Tribun Jatim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »