Mengintip Gubernur dan Kapolda Jatim Cangkrukan Bareng

Mengintip Gubernur dan Kapolda Jatim Cangkrukan Bareng Selasa 21 November 2017, 08:18 WIB Mengintip Gubernur dan Kapolda Jatim Cangkrukan...

Mengintip Gubernur dan Kapolda Jatim Cangkrukan Bareng

Selasa 21 November 2017, 08:18 WIB Mengintip Gubernur dan Kapolda Jatim Cangkrukan Bareng Rois Jajeli - detikNews Mengintip Gubernur dan Kapolda Jatim Cangkrukan BarengCangkrukan bareng kapolda Jatim/Foto: Rois Jajeli Surabaya - Suasana di halaman rumah dinas Kapolda Jawa Timur tampak ramai. Senin (20/11) malam rumah di Jalan Bengawan itu tampak dihadiri pimpinan serikat pekerja, Apindo Jatim, forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) Jatim.
Hadir Gubernur Jatim Soekarwo, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNi Arif Rahman, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Setiadjit, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriatno, Ketua Konfederasi SPSI Jatim Achmad F auzi, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur Johson Simanjutak, pejabat utama di lingkungan Polda Jatim. Pejabat di lingkungan Pemprov Jatim.
Suasana cangkrukan di kediaman Kapolda Jatim, ini sempat membuat kaget Ketua Konfederasi SPSI Jatim Achmad Fauzi.
"Nggak menyangka masuk ruangan ini dikira bowo mantenan (menghadiri undangan pernikahan). Ternyata acaranya cangkrukan, luar biasa. Andaikan suasana ini seperti 10 tahun lalu, betapa gembiranya pekerja di Jawa Timur," ujarnya.
Dalam sambutannya, Fauzi juga menyinggung tentang PP No 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Perubahan aturan katanya, mengubah gaya perjuangan yang dilakukan pekerja.
Ibarat di sepakbola, gaya permainan yang dilakukan pekerja sebelum diterbitkan PP 78, dengan strategi menyerang. Setelah munculnya PP No 78, strategi pekerja berubah ke gaya defensif.
"Dari menyerang sekarang berubah defensif. Di menit berapa kita kebobolan, sakit rasanya dengan PP 78. Memang berat dan sakit hati memang. Tapi kita tetap berusaha, agar hubungan industrial di Jawa Timur tetap terjaga," tuturnya.
Setelah menjelaskan panjang lebar tentang kondisi perburuhan di Jawa Timur, Fauzi berharap cangkrukan yang digelar kapolda yang dihadiri Forkompimda Jawa Timur, membawa manfaat bagi dunia usaha dan pekerja.
Cangkrukan bareng kapolda Jatim/Cangkrukan bareng kapolda Jatim/ Foto: Rois Jajeli

"Luar biasa malam ini. Mudah-mudahan penggawa Jawa Timur, ada pak gubernur, ada pak kapolda, pak pangdam, kita semua selalu bermanfaat bagi pekerja, bagi dunia usaha, khususnya bagia Republik Indonesia yang kita cintai ini," jelasnya.
Wakil Ketua Bidang Organisasi Apindo Jawa Timur Johnson Simanjutak yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, juga mengucapkan terima kasih. " Terima kasih buat acara yang luar biasa ini," katanya.
Dalam sambutannya, Johnson menerangkan, penetapan UMK Tahun 2018 Jawa Timur ini memang tidak mudah dilakukan pengusaha. Meskipun UMK tahun depan mengalami kenaikan sekitar 8,1 persen.
Bagi pengusaha yang tidak mampu membayar UMK Tahun 2018 sesuai Pergub Jatim No 75 Tahun 2017, pengusaha diberikan kesempatan untuk melakukan upayah penangguhan.
"Bagi perusahaan yang tidak melakukan penangguhan, terkadang ada kesapakatan antara perusahaan dengan karyawannya, karena tak mampu membayar upah sesuai ketetapan UMK. Ketika ini terjadi, mohon bisa disikapi dengan bijak," katanya.
Ia menambahkan, iklim investasi di Jawa Timur menjadi patokan bagi kalangan investor. "Lakukan dengan baik dengan cara dipandang baik oleh investor. Sebab investor memandang kondisi di Jawa Timur," jelasnya.
Sementara Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai, acara cangkrukan yang digagas Kapolda Jatim, tidak ditemui di da erah lain. "Silahkan pimpinan serikat pekerja ke daerah lain. Tidak ada yang seperti di sini (Jawa Timur), bisa bertemu kapolda, pangdam," kata Soekarwo.
Gubernur Jatim yang biasa disapa Pakde Karwo ini menerangkan tentang kondisi perburuhan dan iklim usaha.
Cangkrukan bareng kapolda Jatim/Cangkrukan bareng kapolda Jatim/ Foto: Rois Jajeli

"Ini (PP No 78 Tahun 2015) menjadi patokan bersama kita. Gubernur dilarangan mengambil keputusan di luar keputusan tersebut. Apalagi ada surat edaran dari Menteri Dalam Negeri. Gubernur dilarang mengambil keputusan di luar kewenangannya," jelasnya.
Katanya, jika ada permasalahan mengenai perselisihan UMK, maka dapat diselesaikan secara tripartit. Contohnya seperti di Lamongan, Gresik. Saya sebagai pemerintah hanya memfasilitasi. Se karang dewan pengupahan yang punya otoritas.
"Dengan segala kegalauan sampeyan, saya tidak diberikan otoritas oleh Mendagri. Kami hanya memfasilitasi saja. Silahkan Pak Asisten I (bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Jatim), Kadisnaker, Dewan Pengupahan menampungnya," jelasnya.
Sementara Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, cangkrukan ini digelar sebagai tanda bersyukur setelah ditetapkan UMK Tahun 2018 di Jawa Timur. Kapolda tidak memberikan banyak sambutan di acara cangkrukan itu, hanya berpesan, agar situasi di Jawa Timur tetap aman dan kondusif.
"Silahkan berdemo, tapi tetap sesuai aturan dan jangan anarkis. Jaga Jawa Timur tetap aman dan kondusif," pesannya.
Sedangkan Mayjen TNI Arif Rahman yang baru beberapa hari menjabat Pangdam V Brawijaya, mengapresiasi acara cangkrukan yang dihadiri forkompimda serta pimpinan serikat pekerja dan buruh.
"Saya pernah tugas di Aceh, di daerah mana saja. Baru kali ini ada acara cangkrukan. Mudah-mudahan malam ini semakin baik. Jawa Timur semakin kondusif dan pembangunan semakin lancar," harap pangdam.
Acara cangkrukan di halaman rumah dinas Kapolda Jatim, pejabat hingga pimpinan serikat pekerja dan buruh, disuguhi berbagai menu makanan dari pedagang kaki lima (PKL). Suasana tampak guyub dan rukun.
(roi/fat)Sumber: Google News | Berita 24 Jatim

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,1,Lokal,2,
ltr
item
Berita 24 Jawa Timur: Mengintip Gubernur dan Kapolda Jatim Cangkrukan Bareng
Mengintip Gubernur dan Kapolda Jatim Cangkrukan Bareng
https://awsimages.detik.net.id//community/media/visual/2017/11/21/9882b4a2-181b-412a-8c8b-dbdbab4758e3_43.jpg?w=780&q=90
Berita 24 Jawa Timur
http://www.jatim.berita24.com/2017/11/mengintip-gubernur-dan-kapolda-jatim.html
http://www.jatim.berita24.com/
http://www.jatim.berita24.com/
http://www.jatim.berita24.com/2017/11/mengintip-gubernur-dan-kapolda-jatim.html
true
7640191937631208143
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy