www.AlvinAdam.com


Berita 24 Jawa Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Suparningsih - Menyatu Menciptakan Indonesia Peduli dan Cinta ...

Posted by On 09.06

Suparningsih - Menyatu Menciptakan Indonesia Peduli dan Cinta ...

Energi Kita Energi Pertamina

Suparningsih - Menyatu Menciptakan Indonesia Peduli dan Cinta Lingkungan

Eksistensi sebuah perusahaan tidak bisa dipisahkan dari masyarakat sebagai lingkungan eksternalnya.

Suparningsih - Menyatu Menciptakan Indonesia Peduli dan Cinta LingkunganIlustrasi Pertamina

TRIBUN-TIMUR.COM - Ini adalah artikel nominasi lomba penulisan yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero) MOR VII Sulawesi kerjasama dengan Tribun Timur.

Penulis: Suparningsih

PT Pertamina (Persero) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Pendirian perusahaan ini dilakukan menurut ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas. Pertamina telah melayani kebutuhan energi dalam negeri dengan mengelola kegiatan operasi yang terintegrasi di sektor minyak, gas, dan panas bumi. Pertamina juga senantiasa berupaya untuk memperbaiki kinerja operasi dan keungan, guna memberikan kontribusi yang terbaik bagi perekonomian Indonesia. Upaya perbaikan dan inovasi sesuai dengan tuntutan kondisi global merupakan salah satu komitmen Pertamina dalam setiap langkahnya menjalankan peran strategis dalam perekonomian nasional. Semangat terbarukan yang tersebar saat ini merupakan salah satu bukti komitmen Pertamina dalam menciptakan alternatif baru dalam penyediaan sumber energi yang lebih efisien dan berkelanjutan serta berwawasan lingkungan.

Pertaminan menggunakan landasan yang kokoh dalam melaksanak an tugasnya untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan dengan menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang sesuai dengan standar global best practice serta dengan mengangkat tata nilai korporat yang telah dimiliki dan dipahami oleh seluruh unsur perusahaan, yaitu Clean, Competitive, Confident, Costumer-focused, Commercial dan Capable. Seiring dengan semua itu, Pertamina juga senantiasa menjalankan program sosial dan lingkungannya secara terprogram dan terstruktur sebagai perwujudan dari kepedulian serta tanggung jawab perusahaan terhadap seluruh stakeholdernya.

Eksistensi sebuah perusahaan tidak bisa dipisahkan dari masyarakat sebagai lingkungan eksternalnya. Perusahaan dan masyarakat merupakan simbiosis mutualisme (saling memberi dan membutuhkan). Untuk terciptanya kondisi sinergi antara keduanya, terdapat dua aspek penting yang harus diperhatikan agar keberadaan perusahaan dapat membawa perubahan ke arah perbaikan dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Jika dilihat dari aspek ek onomi, perusahaan harus berorientasi mendapatkan keuntungan, sementara dari aspek sosial, perusahaan harus memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat dan lingkungannya. Hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan berbagai publik perlu dibina dan dipelihara, sehingga dapat menciptakan citra positif (good image) bagi perusahaan itu sendiri.

Pembentukan citra positif tidak semuudah yang dibayangkan, karena hubungan harmonis tidak tercipta secara langsung, melainkan perlu usaha untuk mewujudkan terbentuknya citra positif tersebut. Kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu public relations. Public relation adalah suatu kegiatan dalam upaya membina hubungan baik dengan publik-publik yang berkepentingan. Salah satu tugas public relations yaitu menegakkan citra perusahaan yang diwakilinya agar terwujud pemahaman yang sama dan tidak melahirkan opini yang berbeda yang dapat merugikan perusahaan.

Alasan dari semua itu mengapa penerapan Co rporate Social Responsibility (CSR) harus mampu memberikan sumbangan yang berarti bagi kepentingan perusahaan dalam menciptakan citra yang baik di mata masyarakat. Corporate Social Responsibility merupakan komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerjasama dengan karyawan dan keluarganya serta masyarakat setempat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan.

Pertamina Fuel Retail Marketing Region V (FRMR-V) Surabaya merupakan salah satu unit operasional PT. Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bidang pemasaran dan niaga untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) serta gas bumi bagi masyarakat di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. FRMR-V memiliki tanggung jawab dalam menyelamatkan kerusakan lingkungan yang salah satunya melalu penerapan CSR bidang lingkungan. Tanggung jawab sosial Pertamina FRMR-V Surabaya dilihat dari adanya kondisi perubahan cuaca yang ekstrim yang mengakibatkan pemanasan global karena meningkatnya gas emisi karbon a kibat pembakaran bahan bakar fosil yang menimbulkan peningkatan efek rumah kaca. Gas emisi karbon ini dihasilkan dari adanya proses pembakaran dari pabrik dan kendaraan bermotor yang menggunakan BBM yang berasal dari fosil dan sebagian besar produk tersebut di produksi oleh PT. Pertamina (Persero). Dalam hal ini, Pertamina FRMR-V melakukan penanaman pohon di beberapa daerah terdekat area operasi perusahaan.

Kegiatan penanaman pohon ini ditunjukan sebagai program ekologi dan pemberdayaan terhadap masyarakat dalam upaya menanggulangi efek rumah kaca akibat gas emisi karbon yang disebabkan oleh adanya proses pembakaran BBM yang berasal dari fosil. Sementara dalam kegiatan pengelolaan lingkungan, Pertamina FRMR Surabaya fokus pada kegiatan pengelolaan sampah. Upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan cara memberikan edukasi dan pendampingan tentang pengelolaan sampah yang dapat menjadi sesuat u yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan melakukan survei untuk melihat bagaimana kondisi masyarakat setempat dan seberapa besar volume sampah di tempat tersebut sehingga Pertamina dapat menentukan program pengelolaan sampah yang sesuai dengan kondisi tersebut serta bantuan apa yang akan diberikan sesuai karakteristik lokasi tersebut.

Selain itu dalam berita yang di publikasi oleh Tribun Timur Makassar bahwa Pertamina salurkan Rp. 4,4 Milyar untuk UKM Sulsel. General Manager Pertamina Marketing Operation Region VII Iwan Yudha Wibawa di Hotel Swiss Belhotel Makassar (20/7/2017) mengungkapkan “Hari ini Pertamina mewujudkan salah satu pelaksanaan tanggung jawab sosialnya memalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) berupa penyerahan dana Program Kemitraan kepada 86 pelaku UKM dengan nilai keseluruhan sebesar Rp. 4,4 milyar. Kami berharap melalui Program Kemitraan ini Pertamina memberi kontribusi lebih besar lagi dalam pengemban gan ekonomi dan meningkatkan kemandirian masyarakat di Sulawesi Selatan.”

Adapun upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan dari kegiatan tersebut yaitu dengan memiliki konsep CSR yang ideal, memiliki kriteria program, menggunakan acuan-acuan standar internasional, membina hubungan yang baik dengan stakeholders, memiliki model pelaksanaan CSR yang berguna bagi kepentingan perusahaan dalam menciptakan citra yang baik di mata masyarakat serta berkerjasama dengan salah satu media swasta di Indonesia untuk membuat program acara yang berisikan dokumentasi seluruh program CSR yang dilakukan oleh PT. Pertamina. (*)

Editor: Rasni Ikuti kami di Pria Catat Isi SMS Selingkuhan Istri dari HP Senter di Kertas lalu ke Polisi sambil Gendong Anak Sumber: Google News | Berita 24 Jatim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »