GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Aksi Bule Australia Pamerkan Tarian Tradisional Jawa Timur

Aksi Bule Australia Pamerkan Tarian Tradisional Jawa Timur

Surabaya - Aksi mahasiswa Queeensland University of Technology Australia ini bikin bangga warga Indonesia, terutama Jawa Timur. Senin, 9 April 2018, bule pria ini menampi…

Aksi Bule Australia Pamerkan Tarian Tradisional Jawa Timur

Surabaya - Aksi mahasiswa Queeensland University of Technology Australia ini bikin bangga warga Indonesia, terutama Jawa Timur. Senin, 9 April 2018, bule pria ini menampilkan tarian tradisional Turonggo Yakso sebagai bagian belajar budaya Indonesia sekaligus mempromosikan tarian tradisional tersebut.

Para mahasiswa yang sedang mengikuti summer program itu mengikuti pembelajaran the essential of indonesian property market dan budaya Indonesia.

"Mereka kami perkenalkan kekayaan budaya Indonesia, dan pada kesempatan ini kami ajak mereka belajar tari tradisional Turonggo Yakso. Mereka menari dan menikmati tarian tersebut," terang Adi Prasetyo Tedjakusuma, Manajer Kerjasama Kelembagaan Luar Negeri Universitas Surabaya kepada Suarasurabaya.ne t.

  • Merasa Habis Manis Sepah Dibuang, Wanita Ini Laporkan Pacarnya ke Polisi
  • Kliyengan Usai Diminumi Air Putih, Siswi di Tasik Dicabuli Kepala Sekolahnya
  • Air Mata Keluarga Iringi Pemakaman Masinis Kereta Api Sancaka

Nantinya, lanjut Adi, para mahasiswa ini dijadwalkan juga akan mempromosikan tarian tradisional Jawa Timur, Turonggo Yakso ini ke negara asal mereka di Australia khususnya di Kota Brisbane.

"Mereka juga akan memperkenalkan dan mempromosikan tarian yang mereka tarikan sekarang, lengkap dengan busana yang mereka kenakan pada penampilannya hari ini," tambah Adi.

Baca berita menarik lainnya dari Suarasurabaya.net di sini.

1 dari 2 halaman

Alasan Memilih Turonggo Yakso

Ilustrasi tarian tradisional Surabaya
Ilustrasi tarian tradisional Surabaya. (Suarasurabaya.net)

Alasan memilih tarian tradisional Turonggo Yakso, menurut Adi, karena tarian ini sendiri sudah mulai jarang dipentaskan. Ubaya punya kesempatan untuk menampilkannya bersama delapan mahasiswa asal Australia ini.

"Turonggo Yakso adalah satu diantara budaya tradisi asli negeri ini yang mulai jarang ditemui. Semoga dengan penampilan para mahasiswa Australia ini, nantinya akan banyak orang yang menyaksikan dan mengenal tarian tradisional yang hampir tidak lagi dimainkan ini," ujar Adi.

Para mahasiswa summer program Queensland University of Technology (QUT) Australia ini selain belajar tentang budaya Indonesia, juga akan melihat sejumlah objek wisata yang ada di Jawa Timur.

Simak video pilihan berikut ini:

Sementara sembilan negara asing dan lima perwakilan dari dalam negeri menampilkan tarian khas negara masing-masing.

Sumber: Google News | Berita 24 Jatim

Tidak ada komentar