GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Dalam Sebulan, BNN Jatim Sita 32 Kg Ganja

Dalam Sebulan, BNN Jatim Sita 32 Kg Ganja

IDN Times/Ardiansyah FajarSurabaya, IDN Times - Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur (BNNP Jatim) menggelar acara pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu, Jumat (27/4). Barang…

Dalam Sebulan, BNN Jatim Sita 32 Kg Ganja

Dalam Sebulan, BNN Jatim Sita 32 Kg GanjaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Surabaya, IDN Times - Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur (BNNP Jatim) menggelar acara pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu, Jumat (27/4). Barang haram yang dimusnahkan kali ini terdiri dari ganja seberat 32,06 kilogram dan sabu-sabu seberat 6,33 kilogram. Barang haram ini merupakan hasil ungkap BNNP Jatim dari lima kasusu selama bulan Maret 2018. Polisi juga mengamankan 9 tersangka.

1. Tersangka ditangkap di Sidoarjo, sekitar Suramadu, Bandara Juanda dan Banyuwangi

Dalam Sebulan, BNN Jatim Sita 32 Kg GanjaI DN Times/Ardiansyah Fajar

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Budi Santoso mengatakan, lima kasus tersebut diungkap di lima TKP berbeda. Untuk kasus yang pertama, polisi menangkap tiga orang tersangka berinisal MA, MW dan ASH yang kedapatan membawa ganja seberat 12.24 kilogram. "Ketiganya dibekuk di Sidoarjo, Jumat (2/3) pukul 16.45 WIB," ujarnya, Jumat (27/4).
Kasus kedua pada Selasa (6/3) pukul 04.00 WIB menangkap NN di Jalan Kedung Cowek sekitar Suramadu. Tersangka terbukti membawa sabu-sabu seberat 5.27 kilogram. "Kasus ketiga dan keempat ditangkap di Bandara Juanda. Inisialnya P ditangkap pada Senin (12/3) pukul 15.00 WIB membawa sabu-sabu 138.2 gram. Lalu SR ditangkap Jumat (16/3) membawa 920.6 gram," jelasnya. Kasus kelima BNNP mengungkap 19.82 kilogram ganja dari tangan NR, SK dan DD di Banyuwangi pada Jumat (23/3).

2. Ada yang menyembunyikan di bubuk kopi, rice cooker hingga dubur

Dalam Sebulan, BNN Jatim Sita 32 Kg    GanjaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Yang menarik dari kasus pengungkapan ini, lanjut Bambang, jika modus dari tersangka untuk menyembunyikan narkotika berbeda-beda. Pelaku di Sidoarjo misalnya, menyimpan dengan cara dikemas dengan bubuk kopi. "Yang di Juanda (Bandara) lebih aneh inisial P itu menyimpan sabu di duburnya, kalau pecah parah risikonya. Terus yang SR itu juga di Juanda menyimpan di rice cooker," ungkapnya.

EDITORS' PICKS

  1. Menag Lukman Hakim Minta Rumah Ibadah Tak Digunakan Jadi Alat Kampanye
  2. Aher Usulkan Gaji Kepala Daerah Naik agar Tak Korupsi, Apa Respons Mendagri?

3. Seluruh narkotika dimusnahkan dengan cara dibakar di Kantor BNNP Jatim

Dalam Sebulan, BNN Jatim Sita 32 Kg GanjaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Setelah dilakukan rilis, BNNP Jatim pun langsung memusnahkan seluruh barang haram tersebut dengan cara di bakar. Mulai dari sabu-sabu hingga ganja dimasukkan ke dalam mesin tungku pembakaran untuk dilenyapkan. Sementara sembilan tersangka harus meringkuk di sel tahanan karena terjerat tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Baca juga: Polda Jatim Ungkap Penyelundupan Sabu 8 Kilogram


Read More Faiz NashrillahEditorFaiz NashrillahLine IDN TimesSumber: Google News | Berit a 24 Jatim

Tidak ada komentar