www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ribuan Warga di Jawa Timur Dapat Sertifikat Tanah Gratis

Posted by On 02.43

Ribuan Warga di Jawa Timur Dapat Sertifikat Tanah Gratis

Ribuan Warga di Jawa Timur Dapat Sertifikat Tanah GratisIDN Times/Rudy Bastam

Surabaya, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar pembagian sertifikat tanah untuk ribuan masyarakat di Jawa Timur. Dalam acara tersebut, sejumlah warga yang memiliki aset tanah dan bangunan dipersilakan untuk mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM) secara gratis.

1. Program nasional

Ribuan Warga di Jawa Timur Dapat Sertifikat Tanah GratisIDN Times/Rudy Bastam

Program bertajuk Sertifikat Tanah Untuk Rakyat in i dimaksudkan untuk mempermudah pengurusan Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah kepada masyarakat Indonesia. Di Jawa Timur sendiri, pemerintah memfokuskan pengurusan sertifikat tanah untuk Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo.

"Ini program nasional ya. Jadi targetnya. 5 juta bidang tanah. Di Jatim sendiri mencapai 650 ribu bidang yang diajukan," ujar Kepala Sub Bag Tata Usaha, Kantor Pertanahan Surabaya 1, Ferri Saragih, Rabu (28/12).

2. Pendaftaraan Tanah Sistematik Lengkap (PTSL)

Ribuan Warga di Jawa Timur Dapat Sertifikat Tanah GratisIDN Times/Rudy Bastam

Mujiono (62), warga Benowo, Surabaya menuturkan bahwa dirinya telah melakukan pendaftaran sejak satu bulan yang lalu. Dirinya mendaftarkan tanah dan bangunan yang ditempatinya sejak 17 tahun lalu. Berbekal Surat Petok D yang dimilikinya, Mujiono lantas mendaftar kepada kelurahan tempatnya tinggal untuk mendapat sertifikat SHM.

"Dari satu bulan yang lalu (pengurusan). Mulanya ada info dari RW, lalu diteruskan ke warga,"ujarnya Kamis (28/12). "Kami senang sekali. Karena secara hukum kami mendapat kekuatan hukum atas tanah kami."

Baca juga: Begini Jadinya Kalau Risma Naik Motor Keliling Surabaya

3. Sudah mencapai 90 persen dari target

Ribuan Warga di Jawa Timur Dapat Sertifikat Tanah GratisIDN Times/Rudy Bastam

Lain halnya dengan Siwi Hetri (42), ibu rumah tangga warga Klakah Rejo, Kandangan, Benowo, Kota Surabaya. Dirinya bermodal Sertifikat Lettee C untuk mengurus surat SHM tersebut. Walau demikian, dirinya bersyukur karena sama sekali tidak biaya dalam proses peng urusan tersebut.

EDITORS' PICKS

  1. Kesan Pertama Naik Kereta Cepat Sudirman-Soetta
  2. Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Sudah 99 Persen

"Full gratis. Sama sekali tidak membayar untuk pengurusan dan lain sebagainya," ujarnya.

Ferri Saragih, Kasubag TU Kantor Pertanahan Surabaya 1 menjelaskan bahwa program ini telah mencapai keberhasilan 90 persen dari total target yang ditetapkan sebanyak 560 ribu bidang tanah di wilayah Jawa Timur.

Hal ini antara lain banyak warga yang belum mendapat informasi yang jelas atas program ini. "Kendala di warga banyak mereka yang susah melengkapi pemberkasan. Maka itu, kita sekarang banyak melakukan sosialisasi ke masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Dicatut dalam Kampanye CELUP, Ini Tanggapan Pemkot Surabaya

Sumber: Google News | Berita 24 Jatim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »