www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jawa Timur Jadi Gerbang Pengembangan Musik Keroncong di Indonesia

Posted by On 11.03

Jawa Timur Jadi Gerbang Pengembangan Musik Keroncong di Indonesia

Home / Agama, Budaya dan Seni / Jawa Timur Jadi Gerbang Pengembangan Musik Keroncong di Indonesia Jawa Timur Jadi Gerbang Pengembangan Musik Keroncong di Indonesia Ilustrasi pertunjukan musik keroncong.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES) Ilustrasi pertunjukan musik keroncong.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR â€" Jawa Timur kini bukan hanya terkenal dengan kesenian reog atau seni ludruk nya yang melegenda. Kuatnya gotong royong diantara seniman membuat Jawa Timur kini terdepan dalam pengembangan musik keroncong di Indonesia.

Program pengembangan music keroncong di Jawa Timur berjalan baik setelah terbentuknya Paguyuban Artis Musik Keroncong Indonesia (Pamori) pada tahun 2004. Sejumlah program yang disung Pamori sukses membangkitkan animo masyarakat khususnya kawula muda untuk menikmati dan memainkan musik keroncong.

Program itu di antaranya regenerasi musisi dan penyanyi keroncong, dan peningkatan kualitas keroncong menjadi seni yang inovatif dan memiliki nilai jual tanpa meninggalkan pakem.

“Motivasi seniman Jawa Timur untuk mengembangkan keroncong sangat baik. Hal itu didukung tayangan musik keroncong di stasiun televisi lokal Jawa Timur. Para seniman juga sering tampil main musik keroncong di tempat-tempat wisata. Hal itu berdampak baik terhadap regenerasi pemusik dan penyanyi keroncong. Saat ini di Jawa Timur ada 167 grup music k eroncong. Jumlah ini terbanyak se Indonesia,” kata Ketua Pamori Jawa Timur, Bambang Suharto kepada BLITARTIMES, Selasa (27/2/2018).

Dijelaskan, melalui capaian ini Jawa Timur saat ini menggeser Jawa Tengah sebagai propinsi di Indonesia dengan perkembangan keroncong paling maju. Jombang menjadi yang terbaik di Jawa Timur untuk perkembangan musik keroncong.

Hal itu disebabkan pemerintah daerah Jombang memasukkan musik keroncong kedalam kurikulum pendidikan.

”Di Jombang itu anak-anak muda banyak yang suka main musik keroncong. Tapi saya optimis hal semacam itu juga akan terjadi di Blitar. Saya lihat Blitar banyak tempat wisata, ini yang harus dimanfaatkan oleh seniman keroncong untuk tampil. Dengan sering tampil, maka orang perlahan-lahan akan suka dan menantikan pagelaran musik keroncong ,” tukasnya.

Memang sempat ada perdebatan, keroncong adalah music yang dibawa Portugis. Namun menurut Bambang, irama keroncong sama sekali tidak ditemu kan jejaknya di tanah Portugis.

“Irama keroncong hanya ditemukan di Indionesia. Jadi sudah tidak perlu diragukan jika musik keroncong adalah kesenian asli Indonesia yang harus dilestarikan. Apabila tidak dilestarikan, keconcong 10 tahun lagi bisa jadi hanya akan tinggal nama,” tegas pria asli Malang ini.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, musik keroncong harus terus dikenalkan kepada generasi muda. Agar anak muda bisa menjadi penikmat, pemain dan pelestari music keroncong. Bagi dia, adalah impian musik keroncong bisa merajai pangsa pasar musik tanah air seperti era masa lampau.

”Cukup ironis bila generasi muda kita tidak kenal musik keroncong. Dan lebih kenal dan jadi penikmat musik barat seperti Jazz, blues,” katanya lagi.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
  • Pemandu Lagu Kota Malang Diincar Petugas Pajak
  • BP2D Kota malang
  • Bank Jatim Blitar
  • Kodim-Blitar
  • Festival Indonesia-Rusia
← Berita Sebelumnya Komitmen Jaga Kerukunan dan Persatuan Antarumat Beragama, Polres Siaga 24 Jam
  • Pengurus Pamori Kabupaten Blitar bersama sekda, Mantan Bupati Hery Nugroho dan tamu undangan. Pamori siap memajukan musik keroncong di Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)

    Paguyuban Artis Keroncong Kabupaten Blitar Dikukuhkan, Ini Program Prioritasnya

  • Ariel Tatum (Kiri) dan Lala Widi (Kanan) (Foto: Istimewa)

    Disebut Mirip Ariel Tatum Ini Kata Biduan Lala Widi

  • Tony Q saat melihat koleksi alat musik di Galeri Musik Dunia, Jatim Park 3, Sabtu (16/12/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

    Kunjungi Galeri Musik Dunia, President Reggae Indonesia Takjub dengan Koleksi Ini

  • Wali Kota Malang, H. M. Anton (kanan) didampingi Pendiri MMI, Hengky Herwanto melihat koleksi alat musik khas daerahnyang dihibahkan oleh peserta Apeksi XII. (foto : Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

    Berkah Apeksi XII, Museum Musik Indonesia Malang Dapat Tambahan 47 Alat Musik Khas Daerah

  • Profesor Musik dan Etnomusikologi asal Amerika Serikat saat memainkan alat musik Oud di Kota Malang, Rabu (6/2/2017) (Foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

    Profesor Amerika Ini Teliti Musik Islam di Indonesia

  • Permainan ular tangga di ajarkan di sekolah untuk melatih memilih makanan bagi anak (Foto : Anang Bas   so /TulungagungTIMES)

    Dinkes Ajari Hidup Sehat Ala Ular Tangga di Sekolah

    Sebuah papan ular tangga berukuran besar digelar di halaman SDN 2 Kedungwaru Tulungagung.

  • Ketua Bapilu Demokrat Surabaya Herlina Harsono saat konferensi pers (Foto : M Bahrul Marzuki/SurabayaTIMES)

    Tak Sembarangan Jaring Caleg Demokrat Surabaya Syaratkan 300 KTP

    DPC Demokrat Surabaya membuka pendaftaran untuk bakal calon legislatif tahun 2019. Pendaftaran dibuka mulai 27 Februari sampai 20 Maret.

  • Ilustrasi (rmolsumsel.com)

    Perhutani Blitar Terus Galakkan Reboisasi, Hutan Gundul Didominasi Hamparan Tebu

    Hutan-hutan gundul di wilayah Blitar selatan masih belum terlihat tanaman keras yang tumbuh. Padahal tanaman berkayu ini sangat penting untuk menjaga air tanah sehingga bisa mencegah bencana banjir dan erosi. Hal tersebut diakibatkan tanaman tebu yang dit

  • Ilustrasi (kompasiana.com)

    Penculikan Anak Jadi Sorotan, Disdi k Kota Blitar Pastikan Siswa Aman di Sekolah

    Penculikan anak menjadi pembicaraan hangat setelah siswa kelas 1 SD di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar menjadi korban penculikan dan pencabulan. Termasuk Dinas Pendidikan Kota Blitar menyikapi bahwa sekolah semakin memperketat penjagaan dan memberikan

  • Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes saat menerima Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Foto : Moh Imron/LumajangTIMES)

    Plt Bupati Lumajang, Jambore Penyuluh Membawa Dampak Positif Bagi Promosi Wisata B 29

    Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes menerima Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (POKJALUH) Provinsi Jawa Timur di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Selasa (27/02).

  • Produk khimar instan dengan pet besutan mahasiswi Malang Nabilah Aprilia (foto: Zaco Id for MalangTIMES)

    Khimar Instan di Malang Ternyata Banyak Pakai Bahan Ini

    Tren busana muslimah ternyata bukan saja model segiempat dan pashmina saja. Agar praktis dikenakan produsen hijab kini memproduksi hijab instan atau langsung pakai. Model hijab instan yang sedang banyak digandrungi oleh muslimah ialah instan khimar.

  • Pelaku penculikan dan pencabulan Mohamad Rio Surendra saat dilakukan pemeriksaan oleh polisi di Mapolres Blitar Kota. (foto:istimewa)

    Diduga Pedophilia, Penculik dan Pencabul Anak di Srengat Bisa Dikebiri

    Kasus penculikan dan pencabulan anak berusia 7 tahun di Srengat menyisakan pertanyaan besar apakah pelaku mengidap gangguan kejiwaan. Dari penyelidikan sementara kepolisian memastikan pelaku kondisinya sehat.

  • Patung Kuda Green Orchid. (Foto: Dok MALANGTIMES)

    Tiga Perumahan Ini Punya Identitas Patung yang Eksotis, Apa Saja?

    Lima tahun belakangan indeks pembangunan Kota Malang terus meningkat. Peningkatan ini tak lepas dari mulai menjamurnya perumahan-perumahan di Kota Malang.

  • Kualitas Rasidi bagi KPM dinilai jelek, sehingga membuat warga sempat menolaknya. Puluhan ibu desa Jatikerto bahkan sempat bersitegang dengan petugas angkut Rasidi, Rabu (27/2/2018) (Nana/MalangTIMES)

    Kecewa karena Kualitas Jelek, Warga Jatikerto Sempat Bersitegang dan Menolak Jatah Beras Subsidi

    Pembagian beras bersubsidi (Rasidi) dari Provinsi Jawa Timur (Jatim) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Jatikerto, Kecamatan K romengan, sempat ditolak warga.

  • Dua calon wali kota, Moch Anton dan Ya

    Dua Calon Wali Kota Malang Jadi Saksi Sidang Korupsi Mantan Kepala Dinas PU

    Dua calon wali kota, yakni Ya'qud Ananda Gudban dan Moch Anton yang berlaga dalam Pilkada Kota Malang musti menghadapi majelis hakim.

  • Karyawan Graha Bangunan menunjukkan filter air Big Flow.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)

    Filter Air dari Graha Bangunan, Solusi Air Bersih dan Sehat

    Pengolahan air dengan filter air sekarang sedang menjalar di sebagian wilayah Indonesia. Teknologi ini banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di dekat sungai atau yang ada di daerah dengan kuantitas air tercemar cukup banyak.

  • Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri saat memantau suasana rumah duka, Selasa (27/2/2018) (Anggar Sudiongko/MalangTIMES)

    Ungkap Misteri Kematian Mantan Wakapolda Sumut, Polisi Sampai Berulang-ulang Periksa TKP

    Untuk mengungkap misteri kematian mantan Wakapolda Sumut Kombes Pol Purnawirawan Agus Sam ad, polisi kembali memeriksa Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Perum Bukit Dieng Permai, Blok MB-9, Selasa (27/2/2018).

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
  • Follow @jatimtimes
TopSumber: Google News | Berita 24 Jatim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »