www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ruang Ekspresi Seni Rakyat di Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur

Posted by On 01.03

Ruang Ekspresi Seni Rakyat di Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur

ID Logo Selamat datang Tamu | Rabu, 28 Februari 2018 BS logo Pencarian Arsip

Ruang Ekspresi Seni Rakyat di Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur
Rabu, 28 Februari 2018 | 11:14


  • 18 Tahun Obituari Almarhum Sampurno SH
  • Para Seniman Dirikan “Rumah Budaya Satu-Satu”
  • Budaya Bers ih Butuh Teladan
  • Menristekdikti: Wahana Petualangan Sains Penting bagi Anak-anak
  • Liburan Panjang TMII Targetkan 170.000 Pengunjung

JAKARTA- Kepala Badan Penghubung Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dwi Suyanto mengharapkan masyarakat akan tumpah ruah menyaksikan Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur, yang akan digelar secara berkala, di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.


“Kegiatan ini sangat menopang dan mengukuhkan agar budaya Jawa Timur tetap terjaga kelestariannya. Upaya ini diharapkan menjadi sentra wisata rakyat, yang nantinya dapat menjadi bidikan wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujar Dwi Suyanto kepada wartawan di Jakarta, Minggu (25/02/2018).


Pada kesempatan yang sama, Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengelolaan Anjungan Badan Penghubung Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, Samad Widodo menjelaskan, pertemuan Dewan Pengamat, menandai dimulainya gelar acara Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur 2018.

“Dalam pertemuan tersebut, Dewan Pengamat telah menetapkan sejumlah kriteria dalam upaya mengapresiasi kreativitas dan penampilan para duta seni dan budaya dari 32 delegasi Kabupaten â€" Kota se-Jawa Timur. Para delegasi duta seni budaya Jawa Timur ini nanti akan tampil di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta, sepanjang tahun 2018,” terang Samad Widodo.

Para Dewan Pengamat Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur, berlatar belakang dari berbagai disiplin ilmu dan profesi. Mereka adalah, Suryandoro (Praktisi dan Pengamat Seni Tradisi), Eddie Karsito (Wartawan, Penggiat Seni & Budaya), Munarno (Praktisi, Pengamat Seni Jawa Timuran & ASN Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur), serta Catur Yudianto (Kepala B agian Pelestarian dan Pengembangan Bidang Budaya TMII).


“Mereka orang-orang yang expert, dedikatif, berintegritas, dan memiliki kompetensi di bidangnya. Kami yakin pandangan dan pemikirannya dapat memberi andil bagi tumbuh kembangnya seni budaya Jawa Timur, baik dari sisi estetika, kreasi, maupun eksibisi,” ujar Samad.

Melalui kegiatan ini, Dwi Suyanto, mengharapkan, agar budaya dan adat-istiadat Jawa Timur tetap terjaga nilai-nilai luhur dan estetikanya. “Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam hal ini Badan Penghubung Daerah (Bapenda), melalui Sub Bidang Pengelolaan Anjungan, secara berkelanjutan terus berupaya melestarikan dan memajukan kebudayaan dari hulu hingga hilir,” paparnya.

Dwi Suyanto menilai, betapa pentingnya ajang anugerah duta seni budaya ini sebagai jendela dunia. Melalui berbagai pertunjukan seni budaya, menurutnya, masyarakat akan mendapat penghiburan, sekaligus informasi potensial wilayah yang da pat direkomendasikan sebagai destinasi wisata.

“Penting untuk menjadikan seni dan budaya menjadi destinasi wisata. Apalagi potensi seni budaya Jawa Timur, dengan berbagai karakteristiknya yang khas. Jika dikemas dengan baik, insya Allah, berdampak pada nilai ekonomis yang dapat menyejahterakan masyarakat,” kata Dwi.

Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur mulai digelar minggu pertama bulan Maret 2018, hingga akhir tahun 2018. Pihak penyelenggara telah menyiapkan empat delegasi duta seni budaya yang akan tampil di bulan Maret 2018. Duta Seni Budaya Kota Probolinggo (4 Maret 2018), Kabupaten Magetan (11 Maret 2018), Kota Kediri (18 Maret 2018), dan Kota Malang (25 Maret 2018).

Dewan Pengamat akan mengapresiasi dan menilai penampilan para duta seni budaya ini. “Hasilnya akan diumumkan di ajang Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur. Menghadirkan para seniman, budayawan, pemangku kepentingan, pejabat Kementerian dan Gubernur Jawa Timur. Ha l ini kami lakukan agar di masa mendatang para seniman dan pelaku budaya dapat tampil lebih baik,” ujar salah seorang Dewan Pengamat, Suryandoro. (gor)


Google+
Kirim Komentar Anda

Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!


  • TERPOPULER
  • TERKOMENTARI

Perpres ISPO untuk Perbaiki Tata Kelola Sawit RI

Pertamina Perluas Jangkauan BBM Satu Harga

Jokowi Hanya Ajukan Perry sebagai Calon Gubernur BI

Kemenhub-Polisi Gelar Pembuatan SIM A Umum di 8 Kota

2018, Kinerja Garuda Bakal Membaik

Sumbang Terbesar Ekspor Nasional, Cikarang Berpotensi Jadi KEK

Fadli Zon: Anie Belum Dipertimbangkan sebagai Capres

Presiden: Sudah Saatnya Indonesia Bantu Negara Lain

Jadilah yang Pertama, Bukan yang Terbesar

'Berguru' pada Jack Ma

Sumber: Google News | Berita 24 Jatim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »