www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jelang Pilkada 2018, Peredaran Uang Palsu di Jatim Terbesar Se-Indonesia

Posted by On 19.22

Jelang Pilkada 2018, Peredaran Uang Palsu di Jatim Terbesar Se-Indonesia

Jelang Pilkada 2018, Peredaran Uang Palsu di Jatim Terbesar Se-Indonesia 1 Maret 2018Rizal Arnas peredaran uang palsu di Kediri

Bank Indonesia Perwakilan Kediri menghimbau masyarakat waspadai peredaran uang palsu. FOTO: BISNISKINI/AYU CITRA SR

KEDIRI-BISNISKINI: Momentum Pilkada tahun 2018 dikhawatirkan sejumlah pihak akan memicu tingginya tingkat peredaran uang palsu di Kediri. Selain itu juga termasuk, di sejumlah daerah lain di Provinsi Jawa Timur yang menggelar pilkada serupa tahun ini.

“Bahkan tingkat peredaran uang palsu di Jawa Timur paling besar, dibandingkan di daerah lain di Indonesia. Kondisi inilah yang patut diwaspadai,” kata Kepala Sistem Pembayaran da n Pengelolaan Uang Rupiah (PUR) Bank Indonesia Perwakilan Kediri, Beny Wicaksono, di Kediri, Kamis (1/3/2018).

Beny mengatakan, secara umum memang fenomena peredaran uang palsu ini dapat ditemui masyarakat kapanpun dan di area mana pun. Bahkan, tak hanya ditemukan saat menjelang Pilkada.

“Akan tetapi juga ditemukan sebelum hari besar keagamaan tiba. Misalnya saja, saat lebaran maupun hari raya natal,” katanya.

Ditambahkan oleh Beny, pada umumnya tingkat uang palsu yang ditemukan oleh petugas Bank Indonesia setempat, yakni ada enam lembar uang palsu dalam Rp 1 juta uang asli.

Untuk menyikapi hal ini, dia mengimbau, saat masyarakat menemukan uang palsu, ada baiknya segera melaporkan hal tersebut ke petugas berwajib. Selain itu, mereka juga bisa langsung datang ke Kantor Bank Indonesia terdekat.

“Bahkan ada baiknya, mereka juga membawa bukti uang palsu yang ditemukannya kepada petugas setempat,” katanya.

Di samping itu, saran dia, i dealnya bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang kartal, lebih baik dapat mengunjungi kantor bank umum di daerahnya. Hal ini karena di lokasi seperti itu keaslian uang Rupiah, memang dijamin oleh pihak bank.

“Kalaupun menjumpai mobil kas keliling Bank Indonesia di titik tertentu, di sana masyarakat juga bisa menukarkan uang pecahan yang diinginkan,” katanya. (AYU CITRA SR/ZAL)

Sumber: Google News | Berita 24 Jatim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »