www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gubernur Jatim: Pancasila, Berkah Indah dari Tuhan untuk Indonesia

Posted by On 04.34

Gubernur Jatim: Pancasila, Berkah Indah dari Tuhan untuk Indonesia

jatimnow.com - Hari ini, 1 Juni tepat 73 tahun lahirnya Pancasila. Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta kepada masyarakat untuk bersyukur dengan lahirnya Pancasila.

"Pancasila adalah berkah indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat Indonesia melalui perenungan dan pergulatan," kata gubernur saat membacakan sambutan Presiden RI pada upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di gedung negara Grahadi, Surabaya, Jumat (1/6/2018).

Oleh sebab itu, pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia harus terus diamalkan sebagai warisan mulia untuk kemajuan bangsa. "Sekaligus sebagai sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia," tuturnya.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945.

Kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945, dan dirum uskan secara final pada 18 Agustus 1945 oleh para pendiri bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang.

"Mereka duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan," tuturnya.

Pancasila menjadi falsafah dan dasar negara yang kokoh, serta sebagai pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar itu harus selalu diingat, didalami semangatnya, dan dipahami rohnya. Selain itu, menjadi tugas dan tanggungjawab bersama untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan, hati dan pikiran.

"Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu," jelasnya.

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Erwin Yohanes

Sumber: G oogle News | Berita 24 Jatim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »